Ayo Podo Njajan Ning Geldara Desa Wisata Janggalan Kudus, Berbagai Event Digelar Selama Sepekan

KUDUS - Pemerintah Desa (Pemdes) Janggalan, Kecamatan Kota Kudus menggelar berbagai kegiatan mulai dari gelaran dagangan rakyat (Geldara), hingga Kirab Budaya dan ditutup dengan peringatan Haul Mbah Jenggolo.




Dalam kegiatan Geldara dan potensi desa wisata Desa Janggalan yang ke 3 tahun 2024 ini, menghadirkan produk-produk karya warga desa setempat berupa kerajinan, kuliner, pakaian, hingga kebudayaan.

Dimana kegiatan Geldara ditempatkan di Jl. KH Noor Hadi atau pertigaan Janggalan ke timur hingga perempatan Jl. Mojopahit. Jumat, 26 Juli 2024 malam.

Noor Azis Kepala Desa (Kades) Janggalan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, juga kepada jajaran panitia pelaksana yang telah bekerja maksimal.

Gelaran dagangan rakyat (Geldara) adalah merupakan progam tahunan Pemerintah Desa Janggalan. Kegiatan ini merupakan perpaduan antara seni dan budaya yang dikemas dalam nuansa modern, namun tidak meninggalkan adat, budaya dan nilai religi.

"Event ini bertajuk gelaran dagangan rakyat (Geldara) yang siap meramaikan Desa Wisata Janggalan yang ke 3", terangnya.

Berbagai kegiatan bakal digelar oleh Pemdes Janggalan, Kecamatan Kota Kudus untuk menggali potensi desa wisata sekaligus untuk mempromosikan sejumlah produk dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Desa setempat dalam bentuk gelaran dagang rakyat (Geldara) Desa Janggalan.

Kades berharap, warga Desa Janggalan dan sekitarnya bisa datang dan hadir dalam kegiatan Geldara selama 7 hari Ke Depan. Banyak yang unik, atraktif, modern terkemas di sini, dari kuliner jadul sampai kuliner kekinian. Ada pula live musik yang apik dan menarik untuk ditonton.

"Ayo Podo Njajan Ning Geldara dan saksikan Live Musik dari OP Entertainment Bareng Hanny, Vigo'S Band bareng Wulan, JMA Percussion dan Gambus El-Sagaf, Live musik digelar selama sepekan mulai tanggal 26-31 Juli 2024," harapnya.

Terlebih datang untuk meramaikan dan memeriahkan Kirab Budaya dan potensi Desa Wisata Desa Janggalan yang ke 3.

"Kirab budaya dan potensi desa wisata yang ke 3 dilaksanakan pada hari Ahad, 28 Juli 2024. Dimulai Gang Punden Janggalan dan Finis Jl. KH. Noor Hadi. Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB hingga selesai," ujarnya.

Kemudian pada hari Selasa, 30 Juli 2024 Lomba Mewarnai Paud dan TK Se-Kabupaten Kudus pada pukul 07.30 WIB, yang bertempat di panggung Geldara Jl. KH. Noor Hadi.

Setiap hari pada pukul 15.00-17.00 WIB ada live Musik karoke dan pada malam harinya pukul 19.30-22.00 WIB juga ada live musik dari OP Entertainment Bareng Hanny, Vigo'S Band bareng Wulan, JMA Percussion dan Gambus El-Sagaf, Live musik digelar selama sepekan mulai tanggal 26-31 Juli 2024.

"Puncak acara hari Kamis, 1 Agustus 2024 Buka Luwur Mbah Jenggolo, pada pukul 19.30 WIB. Kegiatan tersebut berlangsung di makam Mbah Jenggolo Desa Janggalan, Kecamatan Kota Kudus," pungkasnya.

Sementara itu, Andrias Wahyu Adi Setiawan Camat Kota mengatakan, bahwa kegiatan Geldara ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan haul Mbah Jenggolo, sesepuh atau cikal bakal Desa Janggalan.

Kami atas nama Pemerintah Kecamatan Kota mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemdes Janggalan, BPD, Pokdarwis, PKK, dan semua masyarakat Desa Janggalan yang telah melestarikan budaya dengan menyelenggarakan Kirab Budaya dan Gelaran Dagangan Rakyat.  

"Ini merupakan multi efek domino yang bersifat positif dan perlu ditingkatkan di tahun yang akan datang, karena saya yakin setiap habis kegiatan akan ada evaluasi kegiatan agar bisa lebih baik," katanya.

Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim acara Geldara pada malam hari ini resmi kami buka. 

(Luq)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html