Ini Rahasia Nur Triyono Dalam Mengelola Pembenihan Bibit Ikan di 52 Kolam Jenis Ikan

SEMARANG- Kepala pembenihan bibit ikan Kecamatan Mijen, Nur Triyono, membeberkan kepada awak media tentang pembenihan bibit ikan. Terdapat sekitar 52 kolam ikan yang dikelolanya, yang terbagi sesuai kelompok dan jenis ikan. Diantaranya ada kolam ikan nila, ikan karper, ikan lele, ikan koi, ikan pemijahan, ikan out door, ikan in door, pendederan dan juga terdapat kolam pembesaran ikan.


Namun yang menjadi favorit dan diminati masyarakat adalah ikan nila, ikan karper, ikan lele dan juga ikan koi. 

Hal tersebut disampaikan oleh Nur Triyono, Kepala Pembenihan Bibit Ikan, area kolam pembibitan di jalan RM.Hadisoebeno km 12 kelurahan Tambangan Kecamatan Mijen, saat ditemui oleh awak media.

Adapun target PAD melalui retribusi penjualan ikan ini terutama adalah ikan yang dicari oleh masyarakat, yakni benih bibit ikan karper, ikan nila, dan ikan lele.

Sedangkan untuk masa pemijahan, menurut Nur Triyono, mulai dari menetas jangka waktunya sekitar 2 bulan. Semakin besar juga semakin lama. Untuk ukuran produk yang siap jual yaitu antara 3 - 5 cm, 4 - 6 cm, 5 - 7 cm, untuk semua ukuran produksi itu yang siap jual ke masyarakat.

Dalam produksi dari penetasan sampai pemijahan memerlukan waktu yang cukup lama, dan semakin besar benih ikan juga membutuhkan waktu lama.

(Toto)

0 Komentar

bumdes
Redaksi https://www.pertapakendeng.com/2023/02/redaksi.html